Wednesday, May 10, 2017

Tips dan Trik Cara Mengecat Mobil, Step by step!

Inilah Tips dan Trik Cara Mengecat Mobil, Step by step! yang semoga bermanfaat untuk anda.

Tips dan Trik Cara Mengecat Mobil, Step by step!
Tips dan Trik Cara Mengecat Mobil, Step by step!


Umumnya, mengecat mobil dilakukan oleh para tenaga ahli yang telah profesional dalam bidangnya. Namun jika dipelajari dengan benar, anda yang orang awam pun bisa melakukan pengecatan mobil dengan baik dan hasil yang sempurna.

Bagi anda yang berminat, anda bisa mempelajari cara mengecat mobil berikut ini dan mempraktekkannya secara langsung pada kendaraan anda.


#1. Tahap awal sebelum pengecatan

a.    Langkah pertama adalah dengan cara mengampelas bagian yang akan di cat secara merata. Pilih ampelas dengan ukuran 1500.

b.    Selanjutnya cuci dengan air bersih pada bagian yang akan anda cat, lalu keringkan dengan kain. Diamkan di bawah sinar matahari hingga air benar-benar kering.

c.    Siapkan Epoxy lalu semprotkan pada bagian yang akan di cat.

d.    Lanjutkan dengan menggosok permukaan mobil dengan ampelas berukuran 2000. Lakukan hingga permukannya rata.

e.    Berikutnya, anda bisa mencuci bagian mobil yang telah diampelas lalu  keringkan. Gunakan kain yang lembut seperti halnya kain         katun untuk membersihkan mobil.

f.    Agar hasil pengecatan terlihat baik dan sempurna, anda sebaiknya menggunakan warna putih atau abu-abu untuk memulai pengecatan dasar. Lakukan di area terbuka sehingga sinar matahari dapat langsung mengenai mobil. Hindarkan pula mobil dari debu yang membuat warna dasar pengecatan menjadi tidak rapi.

g.    Tunggu selama kurang lebih 2 jam hingga cat dasar menjadi kering dan ampelas lagi agar hasilnya maksimal. Untuk pengampelasan, anda bisa melakukannya dengan tipis-tipis agar warna dasar dari cat menjadi lebih rata.  


#2. Tahap pengecatan


Selanjutnya adalah tahap pengecatan. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

a.    Campurkan cat menggunakan tiner. Jangan terlalu encer ataupun kental.

b.    Jika yang anda gunakan adalah jenis cat yang kental, ada baiknya anda mencampur cat dan tiner 1:2. I liter untuk cat dan 2 liter

untuk tiner. Namun jika anda menggunakan jenis cat yang encer, anda bisa menggunakan campuran tiner 1:1 dengan cat. Hal ini         dilakukan supaya tercipta warna yang cantik dan bagus.

c.    Jika langkah di atas sudah selesai, anda bisa memulai pengecatan segera.

Dalam proses pengecatan, sebaiknya lakukan satu kali penarikan spoit cat untuk menghindari cat yang terlalu tebal. Lakukan pengecatan secara merata dan jangan melompat-lompat.

Kecuali jika anda tidak keberatan dengan hasil yang buruk.

d.    Saat pengecatan telah selesai, lakukan pengeringan hingga cat benar-benar kering.


#3. Tahapan terakhir


Setelah cat benar-benar kering, anda bisa memulai tahap varnish. Hal ini dilakukan supaya hasil yang didapatkan bagus dan tentunya lebih awet warna catnya.

Memulai proses varnish sendiri, bisa dilakukan dengan cara mencampur varnish dengan komponen hardener. Penyemprotan dilakukan secara merata dan jangan melompat-lompat.

Selanjutnya anda tinggal mengeringkannya hingga benar-benar kering, lalu lakukan proses pemolesan agar mobil terlihat mengkilat layaknya mobil baru.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...