Wednesday, May 3, 2017

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mencuci Mobil Kesayangan


4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mencuci Mobil Kesayangan
4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mencuci Mobil Kesayangan

Saat berkendara seharian dapat dipastikan saat dijalan akan berpapasan dengan debu dan kotoran, serta menghadapi segala cuaca sehingga mobil akan terlihat kotor.


Oleh karenanya merawat kebersihan mobil setelah berkendara teramatlah penting agar mobil terus terlihat kinclong dan bersih setiap waktu.

Bagi sebagian orang yang memiliki cukup waktu mencuci sendiri mobil kesayangan tentu lebih mengasyikkan. Selain menghemat pengeluaran hitung-hitung juga sebagai olahraga.

Tapi jangan sampai mencuci mobil menjadi 'bencana' hanya karena Anda melakukan hal yang tidak semestinya dilakukan. Ada hal yang wajib dilakukan dan sebaiknya dihindari saat mencuci mobil.

1. Kapan waktu yang tepat untuk mencuci mobil ?

Setelah mobil terkena air hujan dan  kotoran yang susah hilang seperti bekas cipratan tanah atau kotoran hewan, alangkah baiknya segera dicuci. Jika tidak, Anda bisa memncuci mobil dengan interval waktu satu kali dalam seminggu.

Jangan pernah menumpuk kotoran dan debu di mobil hingga berminggu-mingu bahkan sampai kotoran itu menegering, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap cat mobil.

2. Pembersih atau sabun yang sebaiknya digunakan

Jangan pernah gunakan sembarang sabun atau shampoo untuk mencuci mobil. Untuk menjaga warna cat mobil dan  mengangkat kotoran membandel, sebaiknya gunakan sabun khusus mobil yang berkualitas bagus.

Boleh saja jika menggunakan sabun colek tapi hanya untuk bagian mesin, kaki - kaki dan kolong mobil saja, karena sifat abrasif yang kuat  pada sabun colek dapat membuat cat cepat luntur dan pudar.

3. Saat mencuci

Usahakan untuk tidak mencuci mobil di tempat panas atau yang berpapasan dengan sinar matahari langsung. Air yang disemprot kepermukaan mobil akan lebih cepat mengering dan meninggalkan bercak bekas air pada bodi mobil.

Perhatikan juga agar lebih berhati-hati pada saat menggunakan spons, karena jika arah menggosok mobil saat menggunakan spons tidak beraturan dikhawatirkan mobil rentan terhadap goresan. Kemudian bilas hingga bersih dan jangan ada sisa busa tertinggal agar busa ini tidak merusak cat.

4. Yang harus diperhatikan saat mengeringkan mobil

Jangan biasakan untuk mengeringkan mobil dengan sembarang kain. Sebaiknya setelah selesai mencuci mobil langsung keringkan mobil dengan lap khusus yang bersih dan tidak berbulu, seperti lap microfiber khusus untuk mengeringkan mobil.

Anda juga bisa menggunakan 2 lap di kedua tanganmu agar proses pengeringan lebih cepat selesai.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...