Wednesday, May 3, 2017

5 Tanda Yang Bisa Jadi Patokan Untuk Ganti Oli

Ini 5 Tanda Yang Bisa Jadi Patokan Untuk Ganti Oli supaya tidak terlambat dalam mengganti oli Mobil.

5 Tanda Yang Bisa Jadi Patokan Untuk Ganti Oli
5 Tanda Yang Bisa Jadi Patokan Untuk Ganti Oli

Banyak yang masih bingung terutama Anda yang baru memiliki mobil kapan saatnya untuk menggantikan oli mesin.

Oli mesin ibaratnya sebagai jantung dari mesin mobil Anda. Oli merupakan salah satu komponen yang sangat penting di dalam mobil.

Jika oli sudah lama,dapat mempengaruhi performa mobil bahkan jika sampai habis dapat berakibat fatal,sekher bisa terbakar dan mobil Anda bisa turun mesin.

Rata-rata produsen mobil menyarankan penggantian oli berdasarkan seberapa jauh jarak tempuh yang sudah dicapai mobil tersebut. Untuk mobil keluaran terbaru biasanya angka yang disarankan adalah 10 ribu kilometer, sementara untuk mobil lama ada di kisaran lima ribu km.


Tapi hal tersebut tidak bisa jadi patokan apalagi mobil Anda jarang sekali dipakai. Jadi, untuk mengetahui kapan sebaiknya kita mengganti olimesin, bisa lihat lima tanda yang harus Anda ketahui saat ganti oli mobil.

1. Cek warna oli

Warna oli menentukan kapan harus atau tidaknya oli diganti. Dengan demikian, tidak ada salahnya Anda sering mengontrol warna pada oli mobil.

Jika warnanya sudah hitam dan encer, maka itu tandanya oli mobil sudah hitam dan encer, maka itu tanda oli mobil harus cepat diganti.

2. Mesin Mobil Terasa Kasar

Tanda lain yang bisa menunjukkan bahwa oli mobil Anda harus segera diganti adalah dari kasarnya mesin.

Jika Anda merasa cara jalan mesin Anda lebih kasar dari biasanya, atau dengan kata lain sudah tidak semulus semula, maka itu pertanda bahwa oli mobil Anda perlu segera diganti secepatnya.

3. Anda Bisa Cek Kartu Pengingat Ganti Oli

Biasanya bengkel akan memasang atau memberikan kartu jadwal pengingat setelah ganti oli, hal itu bisa dijadikan patokan kapan waktunya ganti oli.

Mereka akan merekomendasikan oli mesin perlu diganti setiap 5.000 km, walaupun memang ada beberapa mobil baru saat ini yang merekomendasikan jarak 10.000 km untuk interval penggantian oli mesinnya.

4. Peringatan Mobil untuk Ganti Oli

Di mobil keluaran terbaru ada tanda peringatan Mobil untuk ganti oli yang berada didekat stir, tanda ini akan menyala bila dirasakan tekanan oli dalam mesin mobil terlalu rendah. Tanda ini sangat serius dan perlu diperhatikan, apabila diabaikan maka mesin mobil akan mati.

5. Anda Bisa Cek Tongkat Pengukur Oli Mesin

Disini Anda pastikan lebih dahulu mesin mobil Anda dalam keadaan dingin. Setelah itu buka kap mobil Anda, ada bagian tongkat celup terhubung ke tangki oli.

Alat ini digunakan untuk menentukan berapa banyak oli yang masih tersedia di dalam tangki. Bila tidak seusai standar lebih baik Anda segera mengisi oli tersebut.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...