Monday, May 8, 2017

Cara Perhitungan Simulasi Kredit Mobil

Cara Perhitungan Simulasi Kredit Mobil - Saat ini, sudah banyak fasilitas kredit untuk pembelian kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, yang semakin memudahkan kita dalam membelinya.

Cara Perhitungan Simulasi Kredit Mobil
Cara Perhitungan Simulasi Kredit Mobil


Selain itu, sudah banyak juga pihak leasing ataupun bank yang menawarkan simulasi kredit mobil dan motor kepada calon konsumen mereka.


Namun sepertinya, walaupun sudah banyak leasing dan bank yang menawarkan simulasi kredit mobil dan motor, masih banyak masyarakat yang bingung dan belum memahami secara detail mengenai bagaimana cara menghitung simulasi kredit mobil ataupun motor tersebut.

Awalnya, pihak leasing maupun bank akan menjelaskan terlebih dahulu secara gamblang mulai dari persyaratan, perjanjian, hingga perhitungan simulasi kredit kepada calon pembeli. Kemudian, calon pembeli akan diminta untuk menentukan tipe mobil apa yang akan dibelinya.

Cara Menentukan Tipe Mobil

Saat ini, sudah semakin banyak jenis mobil yang bisa Anda pilih mulai dari merek, warna, dan ukuran mobil itu sendiri. Masing-masing menawarkan keuntungan tersendiri, tetapi pilihlah tipe mobil yang harganya paling sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Setiap jenis kredit akan mempengaruhi stabilitas keuangan Anda, terutama jika periode cicilan kredit yang diambil lebih dari satu tahun.

Jadi sebelum Anda mengajukan kredit, pilihlah tipe mobil yang sesuai dengan anggaran Anda dan pikirkan juga mampukah Anda untuk membayar cicilan mobil tersebut nanti.

Jika Anda sudah menentukan tipe mobil yang akan dibeli, kemudian Anda bisa memilih leasing atau bank apa yang akan digunakan sebagai pemberi fasilitas kredit untuk pembelian mobil tersebut.

Namun sebelumnya perhatikan terlebih dahulu informasi-informasi berikut ini:


1. Tarif Bunga Leasing atau Bank

Biasanya, lembaga pembiayaan seperti leasing maupun bank telah menetapkan tarif bunga kredit mobil yang harus dibayarkan. Bunga tersebut biasanya ditentukan dari tenor atau jangka waktu kredit mobil yang Anda ajukan.

Semakin lama jangka waktunya, maka tarif bunganya pun makin tinggi. Untuk kredit mobil selama 1-3 tahun, tarif bunganya berkisar antra 6-8% dari harga mobil tersebut.

2. Tarif Asuransi

Tarif asuransi untuk jangka waktu kredit 1-3 tahun biasanya berkisar antara 7,5-9,5% dari harga mobil.

3. Biaya Administrasi

Biaya administrasi yang diperlukan bila mengajukan kredit mobil di leasing maupun bank untuk kredit selama 1 tahun biasanya berkisar antara Rp 350.000. Lalu Rp 450.000 untuk 2 tahun, Rp 550.000 untuk 3 tahun, dan seterusnya.

4. Tenor atau Jangka Waktu Kredit Mobil

Pilihlah fasilitas kredit mobil dengan tenor atau jangka waktu yang panjang, seperti 7 hingga 8 tahun. Jangka waktu yang panjang berguna untuk membantu Anda dalam mencicil karena lebih menawarkan uang DP dan cicilan yang ringan.

5. Besaran Uang DP dan Cicilan

Selanjutnya Anda bisa membuat rencana atau simulasi kredit mobil yang akan dijalankan. Simulasi kredit mobil bisa berupa menentukan besaran uang DP dan cicilan yang akan dibayarkan dalam masa kredit nanti.

Simulasi Kredit Mobil

• Menentukan Uang DP

Jika harga mobil Rp 200 juta, dan uang DP yang sudah ditentukan adalah 20%, maka angka yang diperoleh untuk dibayarkan di muka adalah Rp 40 juta.

Tarif uang DP biasanya jumlah minimalnya sudah ditentukan oleh pihak leasing maupun bank. 20% adalah jumlah umum minimal yang biasanya ditawarkan.

Rumus perhitungan uang DP yang harus dibayarkan adalah:

Uang DP = 20% x Harga Mobil.

Maka, 20% x Rp 200 juta = RP 40 juta.

• Menentukan Pokok Kredit (PK)

Kemudian, hitunglah Pokok Kredit (PK) atau sisa kredit yang harus dibayarkan.
Rumusnya adalah, PK = Harga Mobil – DP.

Maka, Rp 200 juta – Rp 40 juta = Rp 160 juta.

• Menentukan Tarif Bunga (TB)

Setelah itu, jangan lupa juga untuk menghitung tarif bunga (TB) yang harus dibayarkan terlebih dahulu. Caranya adalah dengan cari mengalikan Pokok Kredit (PK) dengan persenan tarif bunga (TB%) yang sudah ditentukan berdasarkan tenor atau jangka waktu (JW) yang sudah ditentukan.

Rumusnya adalah Tarif Bunga (TB) = Pokok Kredit (PK) x TB%.

Maka, jika jangka waktu yang diambil adalah 3 tahun, persenan tarif bunganya adalah 8%.
Rp 160 juta x 8% = Rp 12,8 juta x 3 tahun = Rp 38,4 juta.

• Menentukan Besaran Cicilan

Setelah mendapatkan jumlah tariff bunga yang harus dibayar selama jangka waktu cicilan 3 tahun tersebut, selanjutnya adalah Anda tinggal menghitung besaran cicilan yang harus dibayarkan.

Rumusnya adalah dengan menambahkan Pokok Kredit (PK) dan Tarif Bunga (TB) lalu dibagi dengan jangka waktu kredit (JW).

Maka didapatkan besaran cicilan per bulannya adalah, (Rp 160 juta + Rp 38,4 juta) : 3 tahun (36 bulan) = Rp 5.551.200.

• Menentukan Tarif Asuransi dan Biaya Administrasi


Jangan lupa juga untuk menghitung tarif asuransi yang harus Anda bayar.

Rumusnya adalah 9,5% (Tarif Asuransi untuk 3 tahun) x Harga Mobil = 9,5% x Rp 200 juta = Rp 19 juta.

Selanjutnya adalah biaya administrasi. Biaya administrasi yang diperlukan bila mengajukan kredit mobil selama 3 tahun biasanya berkisar antara Rp 550.000.

Jadi, total yang harus Anda siapkan untuk pembayaran pertama kredit mobil Anda adalah:

Uang DP + Cicilan Bulan Pertama + Tarif Asuransi + Biaya Administrasi = Rp 40 juta + Rp 5.511.200 + Rp 19 juta + Rp 550.000 = Rp 65.061.200.

Kelengkapan Administrasi

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah berkas dan data administrasi. Berkas administrasi yang lengkap menjadi bagian penting dalam tahap pengajuan kredit mobil. Selain itu kelengkapan dokumen dan data administrasi juga merupakan syarat penentu pengajuan kredit Anda cepat disetujui.

Berkas-berkas yang harus dimiliki sebelum mengajukan kredit mobil adalah, Kartu Keluarga, KTP, Slip Gaji, Rekening Tabungan, Rekening Listrik/Telepon/Pajak Bumi Bangunan, dan dokumen penunjang lainnya sesuai persyaratan di lembaga pembiayaan tersebut.

Jangan lupa untuk memeriksa dokumen yang akan diberikan, pastikan jika data tersebut merupakan data terbaru dan sesuai dengan tempat tinggal sekarang. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi permasalahan dikemudian hari.

Apabila persyaratan tersebut sudah dipenuhi maka pengajuan kredit mobil Anda pun akan aman dan cepat disetujui.

Itulah cara perhitungan simulasi kredit mobil. Memiliki kendaraan sendiri tentu menjadi impian setiap orang.

Dengan memiliki kendaraan pribadi, berarti memperlancar aktivitas karena Anda dapat mengaturnya sesuai kebutuhan Anda. Selamat membeli mobil!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...