Monday, May 29, 2017

Cara Mengecek Kualitas Oli Mesin Mobil Dengan Mudah

Inilah Cara Mengecek Kualitas Oli Mesin Mobil Dengan Mudah - Untuk sekedar melakukan cek oli mesin, anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus adanya bantuan montir, karena caranya sangat mudah.

Cara Mengecek Kualitas Oli Mesin Mobil Dengan Mudah
Cara Mengecek Kualitas Oli Mesin Mobil Dengan Mudah


Nggak Perlu Ke Bengkel Untuk Cek Kualitas Oli, Kamu Juga Bisa Lakukan dengan Cara mudah ini. Salah satu komponen kendaraan yang wajib di cek secara berkala adalah oli mesin. Apakah volumenya sudah mulai berkurang atau kualitasnya sudah menurun.


Meskipun proses perawatan yang satu ini bisa dilakukan dalam jangka waktu lama. Tapi pengecekan harian atau mingguan juga perlu dilakukan agar usia pakai mobil Sahabat Daihatsu bisa lebih awet, terlebih sebelum mobil dibawa bepergian jauh.

Untuk sekedar melakukan cek berkala, sahabat bisa melakukannya sendiri tanpa harus adanya bantuan montir, karena caranya sangat mudah. Apalagi di mesin mobil seperti Daihatsu Agya, yang umumnya terdapat deep stick alias batang pengecek yang rata-rata terpasang di samping mesin.

Lewat batang indikator ini, Sahabat Daihatsu dapat menilik masalah yang mungkin ada, dan menyelesaikannya jika diperlukan.

Meski mudah, Sahabat Daihatsu tetap harus tahu prosedur yang tepat, agar proses pengecekan benar-benar akurat dan tidak membuat kerja mesin jadi berat.

Salah satu contohnya membaca petunjuk perawatan mobil. Karena beberapa produsen oli ada yang menganjurkan mengganti oli mobil sebelum menggunakan mobil, atau ketika olinya masih dingin.

Ada juga produsen oli yang menganjurkan agar mengecek oli setelah memanaskan mobil. Dimana sebagian oli masih di atas pasca melumasi komponen mesin, dan di bak mesin biasanya sudah berkurang.

Oleh karena itu agar lebih aman, baiknya baca buku petunjuk penggunaan mobil, agar tahu anjuran yang tepat sesuai  mobil Sahabat Daihatsu.

Selain dapat petunjuk dari buku panduan perawatan, pastikan mobil terparkir di permukaan yang rata. Hal ini untuk mendapatkan pembacaan yang akurat, sekaligus memastikan bahwa oli tidak berkumpul di salah satu sisi tangki oli.

Baru deh buka kap mobil dan temukan tongkat celup atau deep stick di samping area mesin. Kebanyakan mobil, di bagian atas tongkat celup ada pengait berwarna merah, oranye atau kuning.

Bentuknya melingkar atau kotak mencuat menjauhi mesin dan condong ke salah satu sisi. Biasanya dimasukkan ke dalam penuntun tongkat celup dengan lebar seukuran pensil.

Sekarang tinggal Sahabat Daihatsu tarik dan bisa mengecek kondisi oli. Jangan lupa siapkan tisu atau kain yang sudah tidak terpakai, gunanya untuk menyeka oli dan mengecek konsistensinya. Lebih mudah gunakan tisu karena Anda akan butuh latar belakang putihnya.

Nah, Demikianlah Artikel tentang Cara Mengecek Kualitas Oli Mesin Mobil Dengan Mudah yang semoga bermanfaat. Salam Sahabat Daihatsu Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...