Thursday, April 27, 2017

Inilah 4 Tips Merawat Ban Tubeless Agar Performa Tetap Bagus

Inilah 4 Tips Merawat Ban Tubeless Agar Performa Tetap Bagus dalam berkendara. Ban Mobil merupakan salah satu faktor keamanan dan kenyaman yang penting dan wajib.

Inilah 4 Tips Merawat Ban Tubeless Agar Performa Tetap Bagus
Inilah 4 Tips Merawat Ban Tubeless Agar Performa Tetap Bagus


Saat ini, kebanyakan mobil telah menggunakan ban yang kita kenal dengan ban tubeless. Ban tubeless adalah ban tanpa karet atau lebih tepatnya ban yang tidak menggunakan ban dalam sebagai komponennya.


Ban tubeless memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan ban biasa, namun bukan berarti ban tubeless tidak memerlukan perawatan dalam penggunaannya.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki,  ban tubeless juga memerlukan perawatan khusus untuk menunjang performa kendaraan. Berikut adalah beberapa tips merawat ban tubeless kendaraan Anda.

1. Perhatikan tekanan angin.

Tekanan angin pada ban merupakan salah satu faktor penting dalam perawatan ban kendaraan. Saat ban kendaraan dalam keadaan panas, usahakan jangan mengurangi tekanan angin pada ban. Penyesuaian tekanan pada ban dapat dilakukan ketika ban kendaraan dalam keadaan dingin.

Anda perlu mengetahui tekanan angin yang baik bagi kendaraan, baik tekanan untuk ban depan maupun ban belakang. Tekanan angin yang berlebihan dapat menyebabkan ban terlepas dari velg kendaraan.

2. Periksa ban secara teliti.

Untuk mengetahui keadaan ban, Anda juga harus melakukan pemeriksaan secara rutin pada ban kendaraan. Pemeriksaan dapat dilakukan pada permukaan dan bahu ban.

Dengan begitu, Anda dapat mendeteksi jika terdapat kerusakan pada ban. Perlu diketahui, saat mencapai keausan minimum, ban kendaraan perlu diganti untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

3. Hindari jalan berlubang

Saat berkendara, tidak jarang kita menemukan jalan yang memiliki kondisi yang kurang baik, contohnya jalan berlubang. Untuk menjaga performa ban dan  juga kendaraan, usahakan untuk menghindari jalan-jalan berlubang.

Namun, jika  tidak dapat menghindari jalan tersebut, maka Anda dapat melewatinya dengan menurunkan laju kendaraan dengan kecepatan minimum.

4. Hindari beban yang berlebih

Beban yang berlebih juga merupakan salah satu faktor penting dalam merawat kondisi ban maupun kendaraan. Saat berkendara, terutama saat melakukan perjalanan jauh atau saat mudik, banyak dari kita yang tidak peduli dengan beban yang dibawa pada kendaraan.

Tidak hanya ban, komponen lain kendaraan juga dapat rusak bila beban yang dibawa melebihi kapasitas. Ketahui kapasitas muatan kendaraanmu dan usahakan jangan membawa beban melebihi kapasitas yang telah ditetapkan.

Itulah 4 Tips Merawat Ban Tubeless Agar Performa Tetap Bagus yang semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...