Tuesday, April 18, 2017

4 Cara Menjaga Kondisi Mesin Mobil Jarang Dipakai

Inilah 4 Cara Menjaga Kondisi Mesin Mobil Jarang Dipakai yang semoga bermanfaat bagi anda.

4 Cara Menjaga Kondisi Mesin Mobil Jarang Dipakai
4 Cara Menjaga Kondisi Mesin Mobil Jarang Dipakai


Sahabat pasti pernah mengalami hal seperti ini, memiliki mobil tapi jarang dipakai dan lebih banyak didiamkan di garasi. Hal ini bisanya karena sahabat malas membawa kendaraan saat bekerja untuk menghindari macet atau karena sering ditinggal dinas keluar kota dalam waktu yang lama.

Namun jarang menggunakan mobil dalam waktu yang lama justru dapat memicu beragam risiko dan membuat kendaraan lebih mudah terkena masalah. Seperti berkurangnya arus setrum pada aki, cat mobil cepat kusam, serangan karat, karet bodi mudah getas hingga masalah lain.

Maka dari itu, Sahabat harus selalu memperhatikan kondisi mobil jika ingin ditinggal atau didiamkan dalam waktu yang lama agar tidak mengalami masalah diatas dan kondisi mesin dan body  tetap oke ketika akan dipakai lagi.

1. Bersihkan mobil dari segala debu dan kotoran sebelum ditinggal dalam waktu yang lama

Poin pertama ini cukup penting, yaitu mobil dicuci lebih dulu sampai bersih sebelum ditinggal lama. "Sehingga debu halus, aspal, oli, minyak atau bekas cipratan air hujan tidak timbulkan efek kusam atau korosi pada body dan komponen mobil". ujar Munarwan pegawai tempat cuci mobil di Jl. Bukit Cinere, Jakarta Selatan sambil mengecek kebersihan mobil Daihatsu Terios warna putih pasca dicuci.

2. Jaga selalu aroma dalam kabin dengan memberikan pengharum mobil sesuai selera

Jika mobil sudah bersih jangan lupa untuk menjaga aroma dalam mobil dengan cara memberikan produk pengharum ke dalam kabin. Hal tersebut berguna memberikan efek segar dalam kabin yang tertutup dan juga menghindari bersarangnya kuman. Tapi, pastikan kondisi kabin sudah dibersihkan menggunakan vakum.

3. Jangan lupa untuk cek kondisi mesin dan komponen pendukung lainnya

Poin berikutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan cek kondisi air radiator, oli, minyak dan pelumas lain sebagai pendukung komponen mesin. Tidak lupa lepas terminal aki guna menghindari terjadinya korslet atau berkurangnya arus setrum aki. Sedangkan untuk tangki bensin lebih baik diisi seperlunya agar mobil tidak mogok juga menghindari karat dalam tangki.

4. Usahakan untuk menutup mobil dengan cover tahan panas dan anti air saat diparkir diluar

Jika parkir di luar usahakan untuk menutup mobil dengan cover tahan panas dan anti air agar cat mobil tetap awet. Karet wiper juga harus diposisikan gantung, agar karet tidak melar atau kebas.

Selain itu, agar tidak macet sewaktu mobil akan digunakan lagi, usahakan untuk tidak menarik tuas rem tangan dan gantilah dengan memberikan ganjalan pada roda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...